Peran Mahasiswa ITK Guna Meningkatkan Edukasi Dan Kreativitas Anak Usia Dini Pada TK. Harapan Bunda

2024 - LPPM ITK

Balikpapan, 23 November 2024 – Institut Teknologi Kalimantan melalui delapan mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Proses dari berbagai program studi membuat inovasi “Peningkatan Edukasi dan Kreativitas sejak dini pada anak TK”. Implementasi kreativitas dan kepedulian mahasiswa kepada generasi penerus sejak dini dan membantu ikut serta dalam memberikan pengalaman menarik dan mendidik bagi para anak.

Kedelapan mahasiswa tersebut adalah Stephan Yehezkyel Manggolo, Muhammad Adjie Pamungkas, Atthariq Ahmad N, Agus Septiawan A, Arina Aimona Gofar Santoso, Krisman Sarto, Anisah Nazifa Salsabila, dan Sarah Shafira Ibrahim mereka dibawah bimbingan langsung bapak Muhamad Imron Zamzani , S.T ., M.T. dan bapak Abdul Alimul Karim, S.T., M.T.

Latar belakang dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah berdasarkan hasil survei pada TK. Harapan Bunda memiliki beberapa sumber daya yang belum dimanfaatkan secara maksimal yaitu ruangan di samping kelas yang tidak terdapat barang-barang, biasanya hanya digunakan untuk tempat berfoto jika ada acara di TK tersebut. Dari Mitra KKN menginformasikan bahwa belum tersedia sarana fasilitas untuk meningkatkan edukasi serta kreativitas anak usia dini

  • Pojok Baca

  • Sharing sekaligus Pemaparan kepada Perwakilan TK Harapan Bunda

  • Kreasi Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas

  • Mewarnai Bersama

Kendala yang dihadapi di TK Harapan Bunda adalah minimnya minat baca dan kreativitas anak-anak usia dini. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, telah dilakukan penyelidikan secara mendalam. Sementara itu, sangat dibutuhkan juga keterampilan motorik halus yang sangat baik untuk anak masih kurang terfasilitasi. Serta minimnya kesempatan untuk merangsang kreativitas dan konsentrasi anak-anak di TK Harapan Bunda.

Oleh karena itu, kami telah merancang serangkaian solusi yang terfokus pada pemecahan masalah ini. Langkah pertama adalah menciptakan ruang edukasi dan kreativitas yang akan meningkatkan minat baca anak-anak. Salah satu komponen utama dari solusi ini adalah pembangunan sebuah tempat edukasi yang berfungsi sebagai pojok baca bagi para siswa di TK tersebut dengan menyediakan berbagai buku yang sesuai dengan perkembangan usia pada anak TK. Tempat edukasi ini diibuat guna menciptakan fasilitas yang menggugah minat baca dan kreativitas.

Selanjutnya, salah satu solusi yang efektif untuk melatih keterampilan motorik anak adalah mengadakan kegiatan pelatihan membuat tempat pensil dari botol bekas. Dalam kegiatan ini, anak-anak TK dapat bermain sambil belajar mengubah botol bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain dapat mengembangkan keterampilan motorik mereka , pelatihan ini juga dapat mengajarkan nilai-nilai lingkungan dan daur ulang yang penting sehingga mereka dapat menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Terakhir, untuk memberikan dorongan lebih lanjut pada kreativitas anak-anak, kami akan mengadakan kompetisi mewarnai khusus untuk siswa TK. Ini akan menjadi suatu aktivitas yang edukatif dan memotivasi, yang dapat membantu memperkaya pengalaman mereka serta membangkitkan semangat berkreasi.

Melalui implementasi solusi-solusi ini, diharapkan TK Harapan Bunda dapat mengatasi permasalahan yang telah diidentifikasi. Upaya ini bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih memotivasi dan edukatif bagi para anak. Solusi-solusi ini diharapkan dapat membantu mereka dalam mengembangkan minat baca, keterampilan motorik halus, dan kreativitas, semuanya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak di TK. Harapan dari upaya ini adalah memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan anak-anak di TK Harapan Bunda.